Tuesday, April 29, 2014

My 2nd Pregnancy..Bahagia Kemudian Kehilangan

imagining...if i'm getting pregnant
Once upon a time di bulan januari...ketika itu aku lg duduk2 sendiri...mengingat umur...udah mau 30..melihat Al..udah gede..seketika jadi pengen promil lg..

dan ternyata ga semudah hamil anak pertama yg ga diprogram2 langsung jadi..ini diniatin malah susah jadinya..jadi mulai deh browsing2 gmana bs cepet hamil. Akhirnya aku berdua suami nyoba pendekatan masa subur...dan pas gw nunggu halangan udah 2 minggu ga deteng2 ..dan buru2 cek pake testpack dan Syukur Alhamdulillah..garis merahnya ada dua..it's mean that..i'm positively pregnant..:)...aku bahagia banget saat itu..

Aku cerita ke nyokap..minta didoain supaya sehat terus calon adik bayinya...dan mulailah aku mengalami morning sickness yg beda dg kehamilan pertama...aku sering mual dimana aja...dirumah..kantor..jalan..dan ga nafsu makan..trus.. beberapa hari kemudian..aku nyoba cek kehamilan aku ke bandar lampung.. Perjalanan kotabumi-bandar lampung memakan waktu 4 jam. aku periksa ke dokter Budi di Way Halim..Sebelumnya minum air putih dan tahan pipis supaya janinnya kliatan..deg2an juga..beneran positif apa ga ya..


di ruangan dokter budi..
begitu alat usgnya diletakkan diatas perut...monitor usg nya menampakkan bulatan hitam seperti telur...dia bilang ini kantung kehamilan...dan begitu diperbesar lagi...kliatan janinnya...ya Allah alhamdulillah...seneng bgt...dan ternyata lagi..sudah ada detak jantungnya...dokter Budi mendengarkan kepada kami...aku senang tak terkira saat itu..luv u adek...sehat terus didalem ya..6w5d.

Seminggu setelahnya...aku merasakan sakit di perut bawah sebelah kanan..aku tahanin 2 hari ga juga sembuh..akhirnya diputusin ke bidan yang dulu nannganin Al..kata bidannya aku usus buntu, tp blm parah..dikasih obat yg katanya aman buat janin..tp ga aku minum...aku lebih sayang sama adek..takut adek knp2 wlp sakit diperutku...aku kurangin makan pedas dan banyakin minum air putih..yeah..aku sembuh dengan sendirinya...

hamil adek emang bnyk cobaannya..akhirnya aku ngalamin itu....ngeflek di usia kandungan 8 minggu..aku takut tak terkira wlp hanya bercak..krn kehamilan pertamaku ga pernah ada flek sama sekali..aku kurangin aktifitasku dan besoknya ke dokter kandungan di kotabumi..dan Alhamdulilah..adik baik2 aja..dan detak jantungnya masih bagus.."kurangin makan pedas" kata dokter mahmud..aku cm bergumam sambil berlalu apa ad hubnya ya flek sm mknan pedas..


spotting..
ternyata flek terus berlanjut..total udah 3 hari dan hari selasa tgl 08 April 2014 keluar flek agak banyakan kira2 sesendok makan lebarnya..aku minta tolong temen kantor untuk anterin aku ke dokter kandungan yg cm satu2nya dikotabumi..dan jam dinding sudah hampir jam 10 yg artinya uda mau tutup..tp ga ada satupun..mrk bilang sibuk dg kerjaannya..aku memutuskan untuk pulang kekontrakan..

sudah jam 10...kl aku nunggu dokter buka praktek lagi sorenya..alangkah baiknya aku langsung cek kekarang aja,,,lebih jelas dan lebih bagus...aku siap2in semuanya..nyiapin al..dan bilang kesuami untk cpt pulang..selama nunggu suami..flek tetap keluar...sedih bgt namun terus berharap adek gapapa...

jam 2 siang suami pulang dari metro dan kami langsung berangkat naik bus kekarang..aku duduk dekat mbak2 yg bekerja sbg guru yg ternyata punya pengalaman sm seperti aku..nge-flek2 jg..tp anaknya sehat sampe lahiran..aku lega..dan menemukan keceriaanku kembali...aku melihat al..dia sibuk datengin kursi penumpang 1 kepenumpang lain..dia digendong..diajak maen..dikasi makan..untunglah..aku tdk terlalu direpotkan Al..setidaknya utk saat ini..

stengah 6 sampai bandar-lampung..mertuaku membawakan motor utk aku dan suami..Al dibawanya pulang...kami melaju kencang ke dokter Azman Roni yg dulu menangani al dr awal khamilan...solat Ashar di masjid pinggir jalan sudah mendekati magrib..mepet sekali waktunya..sampai di praktek dr. Azman Roni pukul 18.30..dipanggil pukul 19.30...

di Ruangan dr. Azman Roni
alat usg mulai diletakkan diatas perut..tampak dimonitor hanya bulatan hitam...janin cm terlihat setitik..berbeda seperti yg aku liat di dr budi dan mahmud..yang jelas menyerupai janin..dokter memvonis aku BO ( Blighted Ovum ).."janin ibu kecil hampir ga kliatan...detak jantung tdk terdeteksi". aku bilang.."sblmya aku cek..janinnya udah 2 kali kliatan dan udah ada detak jantungnya.." "ini usia kandungan ibu 2,5 bulan tp bayinya seperti 6 minggu"." ibu harus dikuret segera"..saat itu aku cm berusaha tegar..namun dimotor tangisku pecah sepanjang jalan..."ayah..kita ke dokter budi skrg..ayah" pintaku..dari pahoman kami ke wayhalim, ngebut..takut tutup prakteknya.Sesampainya disana dr budi ga praktek..akupun meminta suamiku ke dokter Idris di Rajabasa..dari way halim motor melaju kencang ke rajabasa..dan dpt urutan terkahir...yg ada dokter Ratna..dr idris lg praktek di Anugerah Medica Saburai...okelah kami menunggu antrian dr. Ratna..

di Ruangan dr. Ratna

saat alat usg diletakkan diatas perutku...dimonitor yg tampak ada janin tapi samar..dan dokter ini malah bilang dateng lg setelah 2 minggu..aku pastikan " apa janinnya baik2 aja??apa ada detak jantungnya??" ktnya.."janinnya blm terlihat jelas, nanti kita lihat 2 minggu kedepan".."jadi janinnya masih hidup dok?". fifty-fifty ujarnya...kalo mau lebih jelas usg transvaginal ujarnya..aku bingung, penasaran, tegang, takut campur aduk bgt..aku takut bgt liat alatnya kayak tongkat gt mau dimasukin..pasti sakit bgt...tapi demi adek..biar semuanya jelas..dimasukinlah alat itu ke miss v..
 
Alat Usg Transvaginal

dan aku melihat dg sejelas2nya...ada adek...bentuknya udah mirip bayi tp kecil..tapi.."bu...jantungnya udah ga terdeteksi". janin ibu udah meninggal..death conceptus..hati kecilku bergejolak...ya Allah..'dan ibu harus dikuret..soalnya janin ibu pernah hidup jadi menempel, ga bs diluruhin pake obat..nanti ga bersih"..yah..aku harus menerimanya...calon anakku sudah meninggal..dan monitor usg di dokter ratna ini terkahir kami saling bertatap....yah..aku setuju utk kuret besok di Anugerah Medica ditangani dr Ratna.

Di Anugerah Medica
Tanggal 09 April Pukul 14.30..setelah kurang lebih 7 jam puasa..aku memasuki ruangan kuret..ganti baju rumah sakit..pake kain..dan berbaring siap2 menunggu tindak lanjut berikutnya..suamiku menemaniku..sambil tangan kiriku mulai di tusuk2 jarum untuk persiapan masukin obat bius...tangan kanan disuntik utk diambil sampel darah. tekanan darahku normal jd ga ada masalah apa2..kemudian datang perawat menanyakan aku "udah ada bukaan blm bu".."hah bukaan?" jawabku "iya kan kl ga ada bukaan ga bisa dikeluarin.." lanjut perawat.." ga brapa lama perawat itu dtg dg membawa obat yg kemudian dimasukkan ke vagina..obat utk mempercepat bukaan..dan skrg tinggal menunggu dokter ratna datang...

Pukul 15.00 dokter bagian anastesi dan dr Ratna dtg..suamiku disuruh keluar...selang oksigen mulai diletakkan dihidung. dokter anastesi blg "jangan dilawan ya bu...kl ngantuk tdr aja"..aku nurut sambil memejamkan mata..dan..yah..aku ga tau ada dimana...suatu tempat warna-warni..naik turun..memusingkan..tau-tau samar2 gw liat ruang kiret tadi..tp mataku ga bs terbuka sepenuhnya...badan ga bs digerakin..aku tidur lg..empat jam berlalu tp bius masih bekrja ditubuhku..aku ga bisa bangun..melihat saja mual..dan muntah2...perawat datang..tensiku dicek...70/40...nge-drop..dan disuruh rawat inap..padahal rencanaku lgsung pulang...aku ga mau ngabisin uang hanya utk aku..tp apa daya..aku ga kuat..dan dirawat 1 hari...aku minta pulang setelah tensi stabil...

Setelah semuanya berakhir..
suamiku cerita slama aku di bius aku mengigau.."ayah...adek mana..adek mana..", udah selesai belum??.adek udah difoto blm ?liat foto adek yah.. liat yah..mana.." trus kata suamiku..orang tuaku dateng..dan blg " Ikhlas ya nak..ikhlasin.." 
Adek dikuburin di depan rumahku di Untung Suropati..di karang "jaga rumah ya nak..bunda pulang kekotabumi dulu"..

4 comments:

Unknown said...

Sedih banget bacanya bunda, aku juga pernh ngalamin malah di kehamilan pertama aku. Sabr yq bund. Salam kenl

Unknown said...

salam kenal juga bun..makasih uda mau baca dan bersimpati..tetep semangat juga ya bun..hidup harus tetap berjalan...nikmati apa yg ada dulu bun..yakin aja Allah kasih yang terbaik.. :)

Naaaaa said...

Ngalir air mataku mbak... Semoga menjadi penunggu di pintu syurga adiknya ya aamiin

mala said...

Saya salut sama bunda dan tterinspirasi dr apapun yang ad harus kita syukuri,saya sedang mengusahakan kehamilan pertama saya doakan smoga saya dipercaya memiliki merawat membesarkan buha hati tanpa ad galanganšŸ¤²